RSS

Pidato

09 Mar

Definisi / Pengertian Pidato

  1. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak yang berupa komunikasi satu arah dan digunakan dalam forum resmi.
  2. Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato adalah salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Fungsi pidato

  1. Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  2. Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  3. Menciptakan suatu keadaan yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.

Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan    puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

Hakikat Pidato adalah memberi informasi secara langsung baik melalui tutor langsung, media cetak, maupun media elektronik.

Jenis Pidato Berdasarkan Sifatnya :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk  meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

Metode dalam berpidato

  1. Impromptu (spontan)
  2. Kerangka (garis besar)
  3. Menghafal
  4. Naskah

Langkah-langkah berpidato

  1. Menentukan Topik.
    dapat berupa topik bebas atau terikat dengan syarat baru, relevan, dan menarik
  2. Mengumpulkan data atau opini
    disertai sumber asal data
  3. Membuat kerangka karangan
  4. Mengembangkan karangan
    dapat berupa narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, ataupun argumentasi


Contoh Pidato

Pidato Motivasi

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang terhormat Ibu dosen bahasa Indonesia dan yang saya sayangi teman-teman seperjuangan.

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di kelas yang kita cintai dalam keadaan sehat walafiat.

Salawat beriring salam tidak lupa pula kita kirimkan untuk junjungan kita yakni nabi besar Muhammad SAW, allahumma shali‘ala muhammad wa’ala ali muhammad, yang telah membawa umatnya dari zaman kebodohan ke zaman yang berilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan saat sekarang ini.

 

Dengan tidak memperpanjang muqaddimah, saya akan membacakan pidato saya yang berjudul “Semangat Menuju Sukses”.

 

Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak mendambakan kesuksesan. Dalam menjalani kehidupan di berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, bahkan politik sekalipun, siapa saja pasti ingin sukses. Gerbang kesuksesan hanya bisa diraih oleh seseorang yang selalu mengawali aktivitas hidupnya dengan semangat dan motivasi yang tinggi. Ketekunan, keterampilan dan keuletan serta rasa percaya diri yang tinggi juga merupakan beberapa faktor penentu dari kunci kesuksesan.

 

Namun, meraih kesuksesan tidaklah semudah yang dibayangkan. Untuk mencapai jarak terjauh, kita harus memulainya dari jarak terdekat dan untuk mencapai titik tertinggi, kita harus memulainya dari titik terendah. Dalam mencapai jarak terjauh maupun titik tertinggi kesuksesan tersebut, tentu kita akan menghadapi rintangan, hambatan, halangan dan bermacam hal yang menghadang. Apabila kita mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang datang, maka kesuksesan berada dalam genggaman tangan kita, tapi sebaliknya apabila kita tidak mampu, bukan berarti kita gagal, karena sesungguhnya kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda. Kita harus tetap semangat dalam menjalani kehidupan, pantang menyerah dan tidak pernah berputus asa.

 

Terkadang manusia, ketika ia telah mencapai kesuksesan, ia lupa akan segala hal yang telah dilakukannya, dan akhirnya kembali jatuh ke lubang kegagalan. Oleh karena itu perlu diingat bahwa roda itu tidak diam, atau statis pada tempatnya, roda itu akan selalu berputar, dan terus berputar. Kala di atas jangan sombong dan kala di bawah jangan menyerah. Kesuksesan akan membawa kita dalam kesempurnaan.

 

Berikut sepenggal kata mutiara yang dapat kita jadikan motivasi atau motto hidup.

 

Ketika orang terlelap tidur, aku telah bangun

Ketika orang bangun, aku telah berjalan

Ketika orang berjalan, aku telah berlari

Ketika orang berlari, aku telah terbang meraih kesuksesan

 

Dari sepenggal kata mutiara di atas, hendaklah kita mengikuti jejak si “aku”, yang memiliki pedoman sukses dalam hidupnya dan yang selalu selangkah lebih maju dibanding yang lainnya. Dibalik dari penjelasan yang telah diuraikan tadi, semua tergantung kepada kesadaran diri kita sendiri untuk meraih kesuksesan, karena tanpa adanya motivasi dari dalam diri sendiri, semua akan menjadi sia-sia saja .

 

Awali dari sekarang dan tidak perlu menunggu waktu atau momen yang tepat, karena kesuksesan akan datang menghampiri kita tanpa kenal waktu.

Yakinkan diri, siapkan hati, tingkatkan motivasi, katakan bisa!

 

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin amin ya rabbal ‘alamin. Sesuai peribahasa tidak ada gading yang tidak retak, oleh karena itu terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan.

 

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Kesadaran Diri

Assalamu’alaikum wr.wb.

Yang saya hormati Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia. Yang saya tinggikan  ketua kelas beserta perangkatnya. Selanjutnya  rekan-rekan prodip 1 yang saya banggakan.
Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yang maha esa atas curahan rahmat-Nya yang diberikan kepada kita,kepada bangsa yang indah penuh dengan sumber daya alam yang berlimpah serta kebudayaan yang beraneka ragam sehingga kita masih bisa melaksanakan aktifitas kita seperti biasanya. Salawat beserta salam kita sampaikan kepada nabi besar Muhammad S.A.W

 

Rekan-rekan calon pemimpin bangsa yang berbahagia,

Seperti yang kita tahu bahwa dunia ini sudah semakin panas, apakah kita merasa bahwa sinar matahari semakin terik dan malam hari semakin dingin, kita yang hidup sebagai perantau di Pekanbaru ini tiap hari juga sudah merasakan dampaknya. Siang hari yang sangat panas dan cuaca yang tidak bisa ditebak, kadang panas kadang hujan sudah menjadi keseharian kita saat ini. Hal itu terjadi disebabkan karena keserakahan manusia. Akibatnya dunia menjadi menderita dan kesakitan.

Kita menyaksikan di hampir setiap media baik media cetak maupun media elektronik, ilegallogging semakin mengganas, pengrusakan hutan terjadi dimana-mana. Pemerintah sepertinya bungkam dan berdiam diri. Tidak mampu mengatasi kejahatan besar yang nyata-nyata sedang dilakukan di depan mata.

Rekan-rekan yang saya hormati dan sayangi,

Kita menyadari betapa besar bahaya yang dihadapi dunia ini. Dunia semakin panas, kebakaran disana-sini, Asap tebal menutupi berbagai pemukiman yang membuat sesak untuk bernafas dan kendala besar untuk beraktivitas.

Dengan meningkatnya panas bumi bisa jadi salju dan gunung es yang ada di kutub akan mencair. Akibat dari mencairnya es di kutub tersebut sudah dapat dilihat dengan naiknya permukaan air laut tiap tahunnya. Kenaikan air laut tersebut tidak terjadi pada 20 sampai 30 tahun yang lalu. Jika demikian maka alamat kiamat semakin dekat. Kita semua akan terendam oleh limpasan air yang berasal dari mencairnya gunung-gunung di wilayah kutub. Itu semua terjadi karena kesalahan yang dilakukan manusia sendiri. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa manusia sendiri yang meminta kiamat itu datang dengan cepat.

Indonesia yang dibilang sebagai zamrud khatulistiwa karena kehijauan dan kesuburannya kini hampir kehilangan zamrudnya dan citranya. Ini tiada lain  karena tangan orang serakah yang merampok pohon-pohon kita,hanya demi kepentingan,kerakusan,keserakahan. Mereka adalah contoh nyata orang-orang yang diliputi oleh nafsu.

Mereka sungguh tidak bertanggung jawab dan tidak tahu petaka yang sedang mereka tanam. Apakah kita terus hanya menutup mata dan pura-pura buta???

Masihkah hati nurani kita peduli terhadap alam? Karenanya mari mulai dari diri sendiri untuk menyadari sepenuhnya dan mulai mengajak saudara-saudara dan teman-teman kita untuk menanam pohon, minimalnya dilingkungan kita terdekat yaitu rumah kita.

Begitupun para pimpinan pemerintah, pimpinan perusahaan maupun instansi untuk menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk menanam pohon. Pemerintah wajib membuat undang-undang bahwa setiap perusahaan diwajibkan melakukan program tanam pohon. Ini tentu lebih efektif karena mereka khawatir akan sangsi yang akan diterimanya jika ini tidak dilakukan. Pemerintah juga seharusnya lebih tegas dalam peraturan pemakaian kendaraan bermotor yang juga merupakan salah satu penyebab menipisnya lapisan ozon.

Semoga kita semua menyadari betapa indahnya hidup apabila lingkungan yang kita tinggali bersih,hijau, dan bebas dari polusi. Kita bisa mewujudkannya dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan lebih memilih jalan kaki. Karena dengan jalan kaki badan kita sehat dan secara tidak langsung juga mengurangi polusi udara. Program menanam pohon juga akan memberikan efek kepada diri sendiri,anak dan cucu,negara dan demi dunia. Bayangkan saja apabila masing-masing orang di Indonesia menanam satu pohon maka akan ada jutaan pohon yang tumbuh dan Indonesia kembali menjadi zamrud khatulistiwa dan paru-paru dunia.

Semoga kita semua bisa memikirkan apakah kita sudah berada di jalan yang benar atau kita masih berada di jalan yang penuh dengan kesesatan. Karena tanpa kesadaran kita tidak akan pernah menemui kebenaran dan akan terus melakukan kerusakan yang merugikan.

Sekian pidato yang saya sampaikan, akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Pidato Mengenai Seks Bebas

Assalamua`laikum warohmatullahiwabarokatu. Alhamdulillah alhamdulillah hirobbilalamin hamdan sukron lillah salatan wasalaman a`la rosullullah sallaullahualaihiwassalam. Puji sukur kita ucapkan kepada Allah subbha wata`alla yang telah memberi kita rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini, dan tak lupa pula kita hadiahkan salawat beserta salam kepada baginda rasullullah yakni nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya dari zaman kebodohan ke zaman yang penuh ilmu pengetahuan seperti saat ini. Yang terhormat ibu dosen Bahasa Indonesia dan seterusnya teman-teman yang seperjuangan di prodip 1 spesialisasi kepabeanan dan cukai Pekanbaru yang di rahmati Allah.

Baiklah saya tidak akan memperpanjang mukodimah, saya mulai pidato ini yang berjudul ‘’Masalah Sex Bebas dan Narkoba Bagi Remaja”.Berita tentang sex bebas dan narkoba sudah tidak asing lagi kita dengar di televisi, hampir setiap hari televisi memberitakan masalah ini. Masalah sex bebas dan narkoba banyak terjadi di kalangan masyarakat tua,muda dan bahkan anak-anak, tapi tentu yang paling banyak terlibat dengan kasus ini adalah remaja. Karena sifat ingin tahu dan sifat gengsi yang tinggi antar sesama remaja.

Beradasar hasil Survei Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) yang dilakukan secara nasional. 66 persen remaja putri usia sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) tidak lagi perawan,dan dari hasil survei yang dilakukan Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak di 33 provinsi di Indonesia tahun 2010. Sekitar 62,7 persen remaja yang tercatat sebagai pelajar SMP dan SMA di Indonesia,juga sudah tidak perawan lagi.Miris sekali mendengar hasil kedua survei tersebut lebih dari 60 persen, bayangkan bagaimana  susahnya kita mendapat istri yang perawan kelak, tahun 2010 saja sudah 60 persen lebih, bagaimana 10 tahun mendatang? Hal ini sangat perlu kita perhatikan dan mengingatkan saudara-saudari dan teman-teman kita akan bahaya dari sex bebas yang merupakan faktor utama dan paling banyak menyebabkan penyakit AIDS.

Sementara pada kasus narkoba sebanyak 1,9 persen atau sekitar 3,1 juta hingga 3,6 juta penduduk Indonesia diperkirakan menjadi pengguna narkoba, survei dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam edaran pers, pada tahun 2010. Jumlah yang sangat signifikan dan memprihatikan.

Sex bebas dan narkoba adalah faktor utama dari penyebab penyakit mematikan seperti AIDS. Dari hasil data statistik kasus HIV/AIDS di Indonesia laporan s/d September  tahun 2010 dari 22.726 kasus AIDS di Indonesia 12.363 dikarenakan oleh sex bebas dan 9.045 dikarenakan oleh narkoba, sementara lebihnya 1.318 kasus dikarenakan oleh faktor lain seperti transfusi darah, turunan orang tua dan tidak diketahui sebabnya.Dari data di atas bisa dikatakan hampir 85 persen penyakit AIDS disebabkan oleh sex bebas dan narkoba.

Ibu dan teman-teman yang dirahmati Allah.Dua masalah besar ini sangat merusak dan membunuh bangsa kita. Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus memerangi sex bebas dan narkoba. Dan sesama generasi muda harus saling mengingatkan. Selain dua hal laknat ini mendatangkan penyakit yang berbahaya juga mendatangkan dosa amat besar bagi yang melakukannya. Sekali lagi saya tekankan, marilah kita jauhi,perangi, dan ingatkan saudara-saudari kita. Apalagi, Insyaallah kita sebagai Bea Cukai (amin)  nantinya akan menjaga negeri kita dari Narkoba yang masuk dari luar negeri yang di bawa penyelundup-penyelundup yang hanya merauk keuntungan semata dan merusak negara kita, khususnya para generasi muda penerus negeri ini.Semoga kita semua menjadi Bea Cukai yang dapat menjaga negeri ini, (amin).Sekali lagi, jauhi,perangi dan Ingatkan saudara kita.

Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kata yang salah, mohon di maafkan. Saya akhiri wabillahitaufik walhidayah assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pidato tentang Narkoba

Assalamu’alaikum Wr Wb

 

Yang terhormat Ibu Dosen Bahasa Indonesia

Dan teman-teman yang saya banggakan

 

Marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato  tentang menghindari penyalahgunaan Narkoba dikalangan generasi muda.

 

Perlu kita ketahui bahwa Narkoba atau Narkotika saat ini masuk di Indonesia terutama dikalangan generasi muda. Narkoba atau zat psikotropika merupakan zat atau bahan-bahan kimia yang dapat mengubah pikiran, perasaan, fungsi mental dan perilaku seseorang selain itu zat psikoaktif atau biasa disebut dengan zat psikotropika ini adalah sejenis obat, narkotika, alkohol dan lainnya yang membuat mabuk dan kecanduan yang digunakan diluar tujuan pengobatan.

Jumlah penyalahgunaan narkoba/narkotika di Indonesia setiap waktunya semakin hari semakin begitu besar, hal tersebut mungkin dikarenakan lemahnya penegakan hukum di Indonesia dan kurangnya pengawasan dari petugas Bea dan Cukai  sehingga para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkoba tentu saja membawa dampak yang luas dan kompleks. Dampak pemakaian narkoba bagi tubuh manusia jelas dapat merusak otak, saraf dan organ tubuh lainnya. Tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi pemakai, lingkungan sekitarnyapun terkena dampaknya. Sebagai contoh dari dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya yang semakin merajalela dan  meningkat. Oleh karena itu sudah seharusnya generasi muda menghindarkan diri dari pemakaian narkoba yang sangat dilarang oleh pemerintah dan agama.

 

Mahasiswa pecandu narkoba tak akan lagi bisa menyelesaikan kuliahnya hingga kecanduannya teratasi. Pengguna narkoba akan dilanda rasa khawatir dan takut akibat kecanduan sehingga dalam pergaulan, mereka akan terasing dalam lingkungannya. Selain merusak diri sendiri dan orang lain, penyalahgunaan narkoba juga melanggar hukum dan sangat berat hukuman-nya apabila kedapatan memakai-nya.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga.

 

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah, upaya yang harus dilakukan ialah sejak dini kita harus mewaspadai diri sendiri melalui pendidikan yang luas dan pengajaran pemberian informasi yang positif, melalui program-program diantaranya mengisi waktu luang dengan hal yang positif dan bermanfaat seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, membentuk suatu kelompok olah raga, bela diri,  tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba.

 

Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan mahasiswa.
Sebagai mahasiswa yang akan menjadi calon petugas Bea dan Cukai kita harus menjadi contoh untuk tidak menyalahgunakan narkoba. Kita cukup mengetahui bentuk dan jenis-jenis narkoba tapi tidak untuk dikonsumsi. Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penyalahgunaan narkoba. Belajar hidup bertanggung jawab, menjauhi narkoba merupakan model pendidikan. Jangan sia-siakan masa muda kita dengan hal-hal yang tidak  bermanfaat bagi dunia dan akhirat. Masa depan bangsa dan Negara ada ditangan kita, janganlah kita rusak bangsa kita hanya karena kepentingan pribadi. Marilah kita bangun bangsa kita tanpa narkoba, demi kepentingan bersama.

 

Salam generasi muda

“SAY NO TO DRUGS”

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum WrWb

 

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 9 Maret 2011 in Karya Tulis, Pidato

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

One response to “Pidato

  1. dilla

    24 Januari 2012 at 18:14

    Bsa tmbhin pidato tntang kesadaran didalam agama

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: